Review Layanan Blogging

Di dunia maya telah banyak bermunculan penyedia layanan blogging. Ada yang gratis dan ada yang berbayar. Dengan membuat blog di komunitas tertentu tentu saja ada keunggulan maupun kelemahan yang akan kita peroleh. Yang pasti penyedia layanan blogging berbayar belum tentu lebih bagus daripada yang gratis. Ini dapat diketahui dari review yang dilakukan oleh Topten REVIEW.
Berikut review penyedia layanan blog dari Topten REVIEW urut dari peringkat pertama

  1. WordPress
    Ini adalah penyedia layanan blogging terbaik menurut Topten REVIEW dengan mempertimbangkan aspek usability, design, simplicity, dan interactivity. Selain menyediakan space tanpa banner dan ads, WordPress juga memberikan storage yang lumayan gede. Pilihan tema juga sangat beragam, serta fitur SEO yang mumpuni. Dan ada yang berbahasa Indonesia lho.
  2. TypePad
    Melihat statistic, mempromosikan blog anda, mendatangkan uang dengan TypePad. Itu slogan mereka. Mempunyai fitur mirip wordpress namun mempunyai lebih sedikit opsi untuk meng-customize, kecuali mengapgrade ke Pro Edition. Sayangnya TypePad memungut US$ 4.95 untuk memakai layanan mereka, sehingga Topten REVIEW menaruh Type Pad di peringkat kedua.
  3. Squarespace
    Mungkin masih agak asing ditelinga kita. Bahkan dikomunitas blogger sekalipun, namun masih menurut Topten REVIEW, mereka mempunyai fitur yang lumayan bagus. Selain blog anda dapat mempunyai a full website. Interfacenya simple dan mudah di-customize. Namun seperti halnya TypePad, mereka memungut US$ 8.00 bagi yang memakai layanan mereka. Karena tidak gratis Topten REVIEW menaruh diperingkat ketiga.
  4. Blogger
    Diluncurkan tahun 1999, dan kemudian di akuisisi oleh Google pada tahun 2002. Termasuk blog yang sangat popular sebelum kemunculan wordpress. Setelah jadi milik Google semakin banyak kemudahan yang didapat, seperti sign up yang simple, pengelolaan adsense yang udah, dan otomatis mengindex blog anda di direktori Google blog sehingga akan terlihat oleh jutaan pengakses google. Topten REVIEW menaruh diperingkat empat dengan mempertimbangkan simplicity, gampang dipahami, fleksibilitas membuat tema, serta mencamtumkan traffic devices untuk memantau pengunjung.
  5. Yahoo 360
    Ini adalah salah satu layanan blog poluler untuk personal. Yahoo menyediakan banyak sekali pilihan tools, layout yang bersih dan mereka juga tidak menaruh banner dan ads dib log anda. Mereka juga memberikan tools yang memudahkan anda untuk terhubung dengan teman-teman dan keluarga anda. Topten REVIEW menaruh Yahoo 360 di peringkat kelima.

Sebenarnya masih ada lima lagi yang direview oleh Topten REVIEW, tapi agaknya yang lima berikutnya tidak terlalu signifikan untuk kita ulas lagi. Hanya saya sertakan snapshot keseluruhan review. Kalu ingin melihat lebih lengkap tentu saja anda bisa langsung mengakses ke Topten REVIEW. Tapi tentu saja dalam bahasa inggris. Selamat blogging ria…