Lagi-lagi Orang pengen Belajar diBodohin…

Waktu itu malem prei pulang mudik ke mBoyolali. Ketemu dengan sodara yang jadi guru di daerah yang agak jauh dari kota (bilang wae pelosok). Dia menanyakan harga sebuah notebook dengan seri dan merk tertentu. Katanya dia mendapat tawaran istimewa untuk guru-guru yang lulus sertifikasi. Seketika itu saya cek di internet, lhoh kok selisihnya lumayan… MMUUAAHHAALLL

Jadi teringat waktu dimintain bantuan pada sahabat saya di salah satu SMP di daerah Ngawi yang telah ditipu dalam hal pengadaan laboratorium bahasa. Wah wah… apalagi ini?? Kemudian saya minta pada sodara saya untuk menjelaskan kronologis penawaran tersebut. Dengan menggebu-gebu sodara saya menjelaskan seperti laiknya guru yang sudah bersertifikasi. Saya manggut-manggut (nggak ngerti…) Ceritanya, suatu saat ada beberapa orang perlente, mengaku sudah mendapatkan persetujuan dari Dinas terkait untuk menawarkan produk notebook dengan harga yang spesial kepada guru yang sudah bersertifikasi. Katanya perusahaannya memberikan subsidi sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap guru. Bahkan diembel-embeli bonus software untuk pembelajaran yang diberikan cuma-cuma. Wah mulia sekali, batin saya.

Kemudian saya memberanikan diri untuk meminta sodara menghidupkan notebook untuk melihat software yang dimaksud. Weladalahh… Ternyata program-program gratis yang bisa diunduh di internet. Ini sih nggak usah dibonusin batin saya. Namun untuk menjaga suasana kebatinan seorang guru yang bersertifikasi saya hanya mengangguk-angguk. Saya jadi sangat heran, kenapa sih orang cari duit mesti dengan mengakali orang yang belum tahu? Kenapa orang orang yang ada didaerah yang kepengen menjadi lebih maju dan paham iptek malah jadi sasaran empuk penjual-penjual yang tidak bertanggungjawab.

Saya putuskan posting artikel untuk membantu kawan-kawan pendidik yang ada didaerah yang mungkin sudah mulai butuh notebook untuk mengembangkan diri dalam hal iptek. Ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan kalau mau membeli notebook. Pertama, usahakan untuk berkonsultasi pada orang dekat yang punya pengetahuan tentang spesifikasi notebook yang bisa anda percaya. Kemudian usahakan bisa mencari perbandingan harga. Jangan langsung memutuskan untuk membeli saat melihat satu barang di satu toko. Lebih ideal lagi cari reviewnya di internet, sekaligus harga umum. Apabila ada pameran, bisa jadi banyak diskon-diskon dan penawaran-penawaran yang menguntungkan, karena mereka cenderung berlomba menawarkan banyak kemudahan dan harga yang kompetitif dalam sebuah pameran. Sebisa mungkin hindari penawaran yang door to door, termasuk ke sekolah-sekolah. Kalaupun terpaksa membeli dari mereka pastikan alamat perusahaan mereka untuk memastikan layanan purna jual. Sangat saya sarankan untuk mengunjungi toko/perusahaan mereka. Membeli bersama-sama (dalam kuantitas banyak) biasanya akan mendapatkan potongan harga. Pastikan anda mendapatkan garansi resmi, karena ada toko yang berani memberi harga yang murah, namun hanya memberikan garansi toko selama 1 bulan karena mereka memperoleh barang di black market. Biasanya garansi resmi selama 1 tahun, bahkan untuk merk tertentu bisa 3 tahun.

Semoga dapat memberikan gambaran bagi kawan-kawan pendidik didaerah. Karena oknum-oknum ini selalu memanfaatkan ketidaktahuan kita dalam hal IPTEK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar